Keadaan Demokrasi Indonesia


Kata demokrasi pasti sudah tidak asing ditelinga kita karena negara kita adalah negara demokrasi. Namun, apakah kita mengetahui pasti arti dari demokrasi? Mari kita bahas arti dari demokrasi. 

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata demos dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan rakyat. Biasanya, demokrasi ini adalah bentuk pemerintahan yang seluruh rakyatnya punya kesetaraan hak dalam memutuskan sesuatu yang memengaruhi kehidupan warga negara, contohnya pemilihan calon legislatif yang dipilih melalui pemilihan umum. Hal ini menunjukan kekuatan rakyat dalam menentukan pemerintahan dan sesuai dengan asas demokrasi yaitu sesuatu berasal dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.

Awal mula terjadi demokrasi di Indonesia pada masa Soekarno-Hatta yang dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Pada saat ini, Indonesia tidak mengetahui bagaimana cara mengatur sistem pemerintahan yang akan dianut. Berawal dari sistem presidensial, kemudian menjadi sistem parlementer, dilanjutkan dengan bentuk negara RIS dan akhirnya berubah lagi menjadi negara republik yang mengedepankan demokrasi.

 

Keadaan Demokrasi Indonesia

Lalu bagaimana keadaan demokrasi di Indonesia saat ini? Apakah berjalan dengan semestinya?
Jawabannya adalah belum, ini bisa dilihat dari banyaknya kasus penyimpangan yang terjadi sehingga demokrasi tidak berjalan dengan semestinya. Walaupun Indonesia terlihat baik-baik saja, namun sebenarnya banyak yang merasa keberatan namun mereka merasa tidak memiliki hak untuk berbicara. Demokrasi harusnya berdampak baik dan adil untuk seluruh lapisan elemen negara, namun kenyataan yang terjadi tidaklah seperti itu. Permasalahan utamanya adalah rakyat yang tidak mengerti dengan baik apa fungsi dari demokrasi, dan pemerintah yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat untuk kepentingan kelompok mereka. 

Saat ini, masyarakat hanya bisa ber-demokrasi saat adanya pemilihan umum, diluar itu lembaga pemerintahan yang menentukan apa yang mereka lakukan. Contohnya seperti penerapan peraturan baru, keputusan penting mengenai pengelolaan sumber daya alam (SDA) Indonesia, dan sebagainya. Dalam kasus tersebut, suara rakyat tidak didengarkan oleh pemegang kekuasaan di Indonesia. 

 

Kekecewaan Rakyat Tentang Sistem Demokrasi 

Pada saat ini, banyak rakyat yang merasa kecewa dengan kebijakan pemimpin yang diterapkan hanya untuk kepentingan golongan tertentu. Demokrasi yang berjalan juga belum semestinya dan pelaksanaannya kurang sehat. Ditambah dengan keadaan ekonomi yang tidak berkembang karena banyaknya korupsi yang dilakukan petinggi negara. Keserakahan yang dilakukan oleh beberapa kelompok ini menyebabkan rakyat menderita.

Hal ini sangat menyedihkan bukan? Bagaimana tidak?
Negara kita yang kaya akan SDA nya hancur begitu saja oleh keputusan sepihak dari pemerintah, mereka mengambil semua potensi alam dan menjualnya, namun rakyat tidak mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Negara kita juga memiliki banyak SDM, namun pemerintah masih gencar mempekerjakan pegawai dari luar negeri karena perjanjian yang telah mereka buat sehingga banyak pengangguran di seluruh penjuru Indonesia. 

Hal ini terjadi karena pemerintah yang lebih mengutamakan keuntungan mereka, tanpa memikirkan keadaan rakyat. Demokrasi sudah tak dihiraukan lagi, ketika masyarakat kecewa dengan keputusan pemerintah dan melakukan demo, mereka malah menyerang pendemo dan menganggap rakyat sebagai musuh. Keadaan ini sangat memprihatinkan dan membuat rakyat kecil jadi semakin sengsara.

 

Kesimpulan

Menurut saya, pelaksanaan demokrasi di Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi, pemerintah harus mengambil peran penuh dalam memperbaiki hal ini. Para lembaga politik yang mengatasnamakan rakyat, seharusnya mereka bertindak sesuai apa yang mereka katakan. Jangan didepan rakyat mereka berkata bahwa mereka mendukung penuh aspirasi dan hak rakyat, namun pada kenyataannya mereka hanya mendukung hal yang menguntungkan kelompoknya. Rakyat juga harus lebih waspada dan jeli ketika memilih pemimpin, karena ini adalah kesempatan rakyat untuk melakukan demokrasi secara jujur dan sesuai hati nuraninya. 

Masyarakat juga harus memahami apa itu demokrasi, sehingga mereka bisa mewujudkan kehidupan ber-demokrasi yang adil dan baik. Peran kita sebagai rakyat sangat penting dalam menentukan nasib negara kita. Demokrasi harus berjalan dengan baik dan kita harus bangkit menjadi negara yang kaya dan sejahtera. Oleh karena itu, kedepannya masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama dalam menjalankan hidup ber-demokrasi yang baik sehingga pemecahan masalah yang dibuat pemerintah adalah hal yang baik untuk kesejahteraan dan kemajuan negara kita, yaitu Indonesia tercinta.

 


Sumber Referensi:

http://www.politik.lipi.go.id/kolom/kolom-2/politik-nasional/1394-demokrasi-indonesia-dan-arah-perkembangannya-di-masa-pandemi-covid-19


Comments